top of page
  • Writer's pictureAbu Aabiru Sabeel

Takbir di Hari² Dzulhijjah

🔸Perbedaan antara takbir muthlaq dan takbir muqayyad.


🌕Fadhilatusy Syaikh Al Allamah Muhammad bin Shalih Al Usaimin rahimahullah berkata :


🔹Para ulama berbicara tentang takbir muqayyad dan takbir muthlaq dengan pembicaraan yang banyak, namun tidak ada atsar yang dinukil dari Nabi shallallahu alaihi wasallam tentangnya, dan yang masyhur dari madzhab Al Imam Ahmad rahimahullah adalah bahwasanya takbir muthlaq adalah yang diamalkan di setiap waktu semenjak masuknya bulan Dzulhijjah hingga dilakukannya shalat di hari ied.


🍃Adapun takbir muqayyad adalah takbir yang dimulai sejak shalat fajar di hari Arafah hingga shalat Ashar di hari terakhir dari hari-hari tasyriq (yang diamalkan setelah shalat lima waktu, pen).


🌖Maka atas dasar ini hari-hari pada 13 hari pertama bulan Dzulhijjah ditinjau dari takbir terbagi menjadi tiga macam :


Yang pertama : tidak ada padanya melainkan takbir muthlaq yakni semenjak masuknya bulan Dzulhijjah hingga waktu fajar pada hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), maka ini takbirnya muthlaq, dan makna muthlaq yaitu tidak disyariatkan bertakbir setelah shalat-shalat lima waktu, bahkan lebih didahulukan dzikir-dzikir shalat atas takbir muthlaq.


Yang kedua : tidak ada padanya melainkan takbir muqayyad, dan ini semenjak dari shalat ashar pada hari Nahr (tanggal 10 Dzulhijjah) hingga shalat Ashar di hari terakhir dari hari-hari Tasyriq.

Maka empat hari padanya dilakukan takbir muqayyad yakni dilakukan setelah shalat-shalat lima waktu, dan tidak dilakukan di waktu-waktu yang lain.


Yang ketiga : padanya terdapat takbir muthlaq dan takbir muqayyad, dan ini semenjak shalat fajar pada hari Arafah hingga shalat ied yakni selama 24 jam.


✔️Namun pendapat yang benar adalah bahwasanya takbir muthlaq dimulai semenjak masuknya bulan Dzulhijjah hingga terbenamnya matahari di hari terakhir dari hari-hari Tasyriq.

Maka 13 hari seluruhnya ada takbir muthlaq namun semenjak hari Arafah hingga akhir hari Tasyriq padanya juga terdapat takbir muqayyad sehingga takbir dilakukan setelah shalat lima waktu bersamaan dengan dzikir-dzikir shalat.


➖Namun masalah ini ada keleluasaan, yakni seandainya seseorang tidaklah bertakbir dengan takbir muqayyad dan ia mencukupkan dengan dzikir-dzikir shalat lima waktu maka cukup, dan jika ia bertakbir setelah shalat lima waktu di hari-hari yang khusus dilakukan takbir muthlaq maka diperbolehkan, sehingga perkaranya ada keleluasaan.


📚Liqaatil Haj 1/147.


*🖋️ الـتكبير المطـلق والـمقيد .*


● قال العلامة ابن عثيمين - رحمه الله - :


*《 العلماء تكلَّموا في المقيد والمطلق بكلام كثير ، لكن ليس فيه شيء مأثور عن النبي صلى الله عليه وسلم، والمشهور من مذهب الإمام أحمد رحمه الله أن التكبير المطلق الذي في كُلِّ وقت من دخول شهر ذي الحجة إلى صلاة يوم العيد .*


*وأما المقيَّد : فهو من صلاة الفجر يوم عرفة إلى صلاة العصر من آخر يوم من أيام التشريق .*


*وعلى هذا فتكون الأيام الثلاثة عشرة بالنسبة للتكبير مقسَّمة إلى ثلاثة أقسام :*


*(❶) القسم الأول: ليس فيه إلا مطلق؛ من دخول شهر ذي الحجة إلى فجرً يوم عرفة، فهذا مطلق ، ومعنىٰ ( مطلق ) أنه لا يُشرع أدبار الصلوات ، بل تُقدَّم أذكار الصلاة عليه .*

*(❷) القسم الثاني: ليس فيه إلا مقيَّد ، ويكون من صلاة العصر يوم النحر إلى صلاة العصر من آخر يوم من أيّام التشريق .*


*فهذه الأيام الأربعة فيها تكبير مقيّد، يعني أنه يكون دُبر الصلاة، ولا يكون في بقية الأوقات .*


*(❸) القسم الثالث : فيه مطلق ومقيد ، ويكون من صلاة الفجر يوم عرفة إلى صلاة العيد، يعني أربعاً وعشرين ساعة تقريباً .*


*ولكن الصحيح أن التكبير المطلق من هلال شهر ذي الحجة إلى غروب الشمس من آخر يوم من أيام التشريق .*


*فالأيام الثلاثة عشر كلُّها فيها تكبير مطلق ، لكن من يوم عرفة إلى آخر أيام التشريق فيها مقيّد أيضاً فيُذكر دبر الصلاة مع أذكار الصلاة .*


*وهذه المسألة أمرها واسع ، يعني لو أن الإنسان لم يكبِّر التكبير المقيد ، واكتفى بأذكار الصلوات لكفىٰ، ولو كبَّر في أيام المطلق حتى في أدبار الصلوات لجاز ذلك، فالأمر في هذا واسع 》. |[ لقاءات الحج (١٤٧/١) ]|

13 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page